Inilah Spesifikasi All New CR-V Turbo, Jagoan SUV Teranyar Honda

All New CR-V Turbo Prestige 2017
All New CR-V Turbo Prestige 2017

Pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 di JIEXPO Kemayoran Jakarta, Honda resmi memamerkan produk terbarunya di barisan Sport Utility Vehicle (SUV). Adalah All New Honda CR-V 2017 yang resmi diluncurkan pada event yang digelar sejak 27 April hingga 7 Mei 2017 tersebut. Berada di atas panggung utama Honda di IIMS, Varian terbaru dari jajaran SUV tersebut kontan menjadi pusat perhatian banyak pengunjung.

Honda membagi All New CR-V 2017 menjadi 3 varian, yaitu tipe 1.5L Turbo, 1.5L Turbo Prestige dan varian 2.0L. Yang sangat menarik adalah varian Turbo 1.5L, karena menggunakan mesin baru 1.500cc dengan tambahan teknologi Turbo.

Mesin Ampuh All New CR-V Turbo

Cukup banyak sentuhan baru yang diberikan Honda pada All New CR-V Turbo 2017 ini. Yang paling mencolok adalah dapur pacunya. Generasi kelima dari keluarga CR-V ini dibekali mesin 1.500 cc. Meskipun bermesin lebih kecil dari genarasi sebelumnya yang bermesin 2.000cc, namun tenaga yang dihasilkan All New CR-V Turbo 1.500 cc ini jauh lebih besar. Daya yang dihasilkan All New CR-V Turbo ini mencapai 190 PS pada 5.600 RPM, sedangkan CR-V bermesin 2000 cc “hanya” mampu menghasilkan tenaga maksimal 154 PS pada 6.500 RPM.

mesin turbo (sumber: www.hnda-indonesia.com)
mesin turbo (sumber: www.hnda-indonesia.com)

Pun Begitu dengan Momen Puntir (Torsi), 4 silinder mesin All New CR-V yang masing-masing berdiameter 73 mm, lebih unggul 55 NM dari CR-V generasi sebelumnya. Mengapa mesin kecil justru menghasilkan daya dan torsi yang lebih tinggi? Jawabannya adalah karena ada Turbo-nya. Teknologi Turbo ini terbukti ampuh untuk meningkatkan daya dan torsi maksimal. Penjelasan dan keunggulan teknologi Turbo ini, sebelumnya pernah saya tulis dalam artikel yang berjudu “Mobil Bensin Latah Menggunakan Turbocharger”.

Unit mesin yang digunakan All New CRV Turbo ini adalah penyempurnaan dari mesin yang digunakan oleh saudaranya, yaitu mesin All New Civic Turbo. All New CRV Turbo menggunakan piston mesin All New Civic Turbo. Untuk unit Turbochargernya, ada perbedaan sedikti perbedaan. All New Civic Turbo menggunakan unit turbo dengan 11 fin. Sedangkan All New CRV turbo menggunakan unit turbo dengan 9 fin. Pengurangan jumlah fin ini berdampak pada peningkatan tenaga.

Teknologi Canggih Yang Diusung All New CR-V 2017

All New CR-V 2017 dibekali teknologi Drive By Wire, yang secara presisi mengontrol konsumsi bahan bakar sesuai dengan kebutuhan pata tiap tingkat kecepatan. Dengan teknologi yang “menghilangkan” hubungan langsung antara pedal gas dan throttle body, pengemudi tidak akan merasakan hentakan saat pedal gas diinjak secara tiba-tiba.

DBW (sumber: www.hnda-indonesia.com)
drive by wire (sumber: www.hnda-indonesia.com)

Untuk kendaraan dengan daya dan kecepatan tinggi seperti All New CR-V 2017, yang harus disoroti adalah teknologi pendukung untuk pengendalian daya dan kecepatan tersebut. Khususnya sistem rem, yang menjadi penyeimbang daya dan keceatan optimal.

Sistem rem All New CR-V 2017 dibekali beberapa teknologi mumpuni. Antara lain teknologi Brake Override System, yang memprioritaskan pengereman saat pedal gas dan pedal rem diinjak bersamaan. Teknologi Hill Start Assist (HAS), yang memudahkan mengendalikan kendaraan untuk Stop and Go saat berada di tanjakan.

Teknologi rem ABS plus EDB yang menjaga kemanan saat pengereman mendadak dan mendistribusikan daya rem sesuai kebutuhan. Ditambah lagi dengan teknologi Brake Assist yang membatu memaksimalkan daya rem. Ada juga teknologi Electric Parking Brake, yang diadopsi dari saudara CR-V, yaitu HR-V. Dengan teknologi tersebut, pengemudi tidak lagi menarik tuas rem parkir, karena sudah menggunakan tombol yang dikontrol secara elektronik. Teknologi tersebut tampaknya memang “wajib” diaplikasikan untuk kendaraan kelas SUV, termasuk All New CR-V 2017 ini.

teknologi rem crv 17 (sumber: www.honda-indonesia.com
teknologi rem crv 17 (sumber: www.honda-indonesia.com

Teknologi rem untuk keamanan harus didukung dengan sistem suspensi yang mumpuni, untuk menciptakan kenyamanan berkendara. All New CR-V 2017 masih menggunakan suspensi depan tipe MacPerson Strut. Suspensi ciptaan Earl S. MacPerson memang cocok untuk kendaraan sport berdimensi relatif tinggi, seperti SUV.

Meskipun sebenarnya kurang “sporty” untuk ukuran SUV yang mestinya luwes diajak bermanuver, namun suspensi MacPerson sudah lebih dari cukup untuk SUV “harian”. Apalagi dipadukan dengan suspensi Multi Link untuk roda belakang. Cakep! Suspensi canggih yang memiliki beberapa lengan lateral ini memiliki tingkat fleksibilitas kendali yang baik. Artinya, suspensi dapat dengan mudah menyesuaikan sudut dan ketinggian medan jalan, bahkan di jalan off-road sekalipun. Keduanya menjadi duet yang cukup baik untuk menjaga kenyamanan pengemudi saat mengendari All New Honda CR-V 2017.

Desain Eksterior All New CR-V 2017

Sekilas, dimensi All New CR-V 2017 tampak sedikit lebih gemuk daripada genarasi sebelumnya. Memang CR-V terbaru ini sedikit lebih besar dimensinya, Namun tidak signifikan. Hanya lebih besar beberapa centimeter saja.

dimensi crv 2017 (sumber: honda-indonesia.com)
dimensi crv 2017 (sumber: honda-indonesia.com)

Jika dibandingkan dengan CR-V generasi keempat, secara umum tidak ada perbedaan yang mencolok dari desain eksterior All New CR-V Turbo 2017 ini. Namun ada sedikit sentuhan baru di bagian muka, yaitu pada Grill yang tegas membentuk segi enam memanjang, sedikit berbeda dengan generasi sebelumnya.

tampilan wajah All New CR-V 2017
tampilan wajah All New CR-V 2017

Pun begitu dengan ruang pelindung radiator yang menggunakan model Honeycomb yang lebih luas. Lampu utama All New CR-V 2017 ada yang  menggunakan Full LED (untuk tipe Turbo 1.5L Prestige) dan ada yang menggunakan Halogen (untuk tipe Turbo dan 2.0L). Kedua tipe lampu tersebut tampak lebih garang dari generasi sebelumnya,dengan membentuk sudut tajam pada bagian ujung dan lebih sipit. Lampu Daytime Running Light (DRL) masih disematkan pada mata depan CR-V 2017 ini, meneruskan DRL dari generasi sebulumnya,  seperti CR-V Facelift.

Tak hanya itu, Fog lamp yang menjadi salah satu asesori “wajib” pada SUV, turut ditanam di sisi depan All New CR-V 2017 ini. Fog lamp tipe Bulb untuk tipe Turbo 1.5L dan tipe 2.0L, dan tipe LED untuk warian tertinggi, yaitu CR-V Turbo 1.5L Prestige. Secara umum, tampilan muka All New CR-V 2017 ini lebih simpel dan elegan, ketimbang generasi sebelumnya.

Pada body samping, Honda masih mempertahankan konsep lama. Misalnya garis tegas pada Handle bukaan pintu. Desain kaca samping pun masih dipertahankan. Unit Spion ada sedikit perbedaan dengan genarasi sebelumnya, yaitu pada bentuk dan ukuran. Spion All New CR-V 2017 yang dibekali LED Turning Signal, tampak sedikit lebih gemuk dari generasi sebelumnya.

Bagian belakang, tampak ada perubahan yang cukup signifikan. Lampu belakang tipe LED seperti huruf T terbalik yang dipasang menghubungkan body samping dan belakang. Bentuknya pun ditampilkan menonjol (Ligh Bar) dan memberi kesan tegas. Tepat di bawah lampu, dibuat profil plat melengkung, namun hanya sebatas body belakang. Tidak terhubung ke body samping seperti generasi sebelumnya.Profil lengkung tersebut memaksa tempal plat Nomor polisi agak turun. Yang lebih menarik adalah Dual Exhaust Pipe alias dobel knalpot, yang menambah kesan garang dan sporty pada bagian buritan. Keren!

Desain dan Fitur Interior

Desain interior ini menjadi salah satu pertimbangan utama untuk menentukan dibeli atau tidaknya sebuah mobil. Berdasarkan pengamatan saat IIMS 2017 pada hari Sabtu (29/4/2017) lalu, pengunjung seolah tidak peduli dengan spesifikasi mesin atau chassis, yang menjadi pusat perhatian adalah desain eksterior dan fitur interior.

Saat membuka pintu All New CR-V 2017 dan duduk dikursi empuk pengemudi, saya akan disuguhi desain dashboard yang elegan. Dasboard dilapisi bahan kulit sintetik yang memberi kesan mewah. Menjadi tampak lebih mewah lagi berkat motif kayu (wood panel) yang menempel di bagian bawah sisi kiri dan kanan.

Desain Dashboard All New CR-V 2017 | gambar: honda-indonesia.com
Desain Dashboard All New CR-V 2017 | gambar: honda-indonesia.com

Tak hanya desain yang menarik, banyak fitur menarik yang ditanamkan di kabin kendali SUV mewah ini. Mulai dari fitur multimedia (audio dan video) seperti layar 9” untuk varian Turbo dan 7” untuk varian bukan Turbo (2.0L), audio steering Switch, Hands-free Telephone  dan berbagai fitur yang memanjakan lainnya. Yang lebih menarik adalah fitur Eco Assist dan Eco Mode yang berguna untuk membantu pengemudi  berhemat bahan bakar.

eco mode (sumber: honda-indonesia.com)
eco mode (sumber: honda-indonesia.com)

Perbedaan yang sangat signifikan dari dalam CRV generasi terbaru ini adalah jumlah seat-nya. All New CRV 2017 memiliki 7 seat. Tidak seperti generasi sebelumnya yang hanya memiliki 5 seat. Dengan 7 seat ini tampaknya Honda ingin menggaet calon pembeli dari kalangan pengincar MPV, yang bisa mengangkut banyak penumpang. Seperti yang telah dilakukan oleh Nissan, melalui All New Xtrail. Meskipun sebenarnya yang diterapkan Nissan pada All New Xtrail tidak murni 7 seat, melainkan 5 + 2 seat. Karena 2 seat belakang relatif sempit, yang sedianya diperuntukkan bagi anak-anak. Namun, strategi tersebut cukup ampuh untuk mendongkrak penjualan All New Xtrail.

Dengan berbagai keunggulan, baik teknologi dan fitur, Honda berani membandrol All New CRV Turbo dengan angka Rp 506 juta untuk varian Prestige, varian tertinggi. Sengakan untuk varian All New CRV Turbo yang “biasa” dihargai Rp.466 juta. Varian termurah untuk CRV 2017 ini adalah yang versi 2.0L, dengan harga Rp 432 juta. Berminat? Segera kunjungi dealer Honda terdekat.

Ini tampilan All New CRV 2017 dalam bentuk video:

Facebook Comments
Sobat OTONEWS, Jangan lupa untuk share dan comment ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *