Media Ojek Bebasis Aplikasi Untuk Mengurangi Kepadatan Lalu Lintas Perkotaan

kepadatan
Kepadatan Lalu Lintas Kendaraan Di salah satu jalan di Yogyakarta

Media, kerap dimaknai sebagai alat, sarana komunikasi, perantara atau penghubung antara satu pihak ke pihak lain atau banyak pihak. Media ini pun bermacam bentuk dan karakteristiknya, ada media yang berbasis fisik, audio, visual, audio-visual atau yang tengah berkembang saat ini adalah media online.

Meskipun media online kerap dihubungkan dengan media berita berbasis online, namun sebenarnya media online ini dapat mencakup banyak aspek, tak hanya soal berita. Bisa media komunikasi online, media jual beli online, atau media penghubung transportasi online. Nah, saat ini, layanan transportasi berbasis online tengah marak di Indonesia. Keunggulannya yang efektif dan efisien, membuat banyak masyarakat perkotaan “ketagihan” menggunakan media transportasi ini.

Pun begitu dengan masyarakat di Kota Yogyakarta dan sekitarnya. Kehadiran transportasi roda dua berbasis online di Yogyakarta, langsung mendapat sambutan baik dari sebagian masyarakat. Ditandai dengan tingginya frekuensi lalu lintas ojek online di berbagai ruas jalan Yogyakarta. Apalagi, saat ini, lalu lintas kendaraan di Yogyakarta yang semakin padat.

Kepadatan Lalu Lintas Di Jalan Raya Yogyakarta

Berdasarkan pantauan OTOnews.id, 5-6 tahun yang lalu, lalu lintas Yogyakarta masih relatif lengang dan antrian kendaraan di Traffic Light persimpangan jalan tidak terlalu panjang. Kini, tahun 2017, sangat terasa peningkatan volume kendaraan di jalan raya, bukan hanya pada jam sibuk (pagi dan sore), tetapi hampir setiap saat.

Kepadatan Lalu Lintas Kendaraan di Yogyakarta
Kepadatan Lalu Lintas Kendaraan di Yogyakarta

Banyak faktor yang membuat volume kendaraan di jalan raya Yogyakarta terus meningkat. Diantaranya, predikat “Kota Pelajar” dan sebagai destinasi wisata, membuat jumlah kendaraan yang masuk ke Yogyakarta terus meningkat. Besarnya “daya magnet” Jogja yang menarik wisatawan atau pelajar dari luar daerah, yang secara langsung berdampak pada peningkatan kebutuhan alat transportasi, yang pada akhirnya berdampak pada kepadatan lalu lintas.

Kehadiran UBER Motor Di Yogyakarta

Kepadatan lalu lintas di jalan raya Yogyakarta adalah salah satu dampak logis dan lumrah sebagai perkembangan wilayah perkotaan, bukan untuk dikhawatirkan atau menjadi alasan untuk tidak berkunjung ke Yogyakatarta. Sebab, sejak beberapa bulan lalu (akhir tahun 2016), Yogyakarta “kedatangan” perusahaan yang memediasi masyarakat yang membutuhkan transportasi yang cepat, mudah dan murah tentunya.

Adalah UBER Motor, hadir di Yogyakarta untuk menghubungkan masyarakat yang membutuhkan sarana transportasi dengan penyedia jasa transportasi yang cepat, mudah dan murah, yaitu Ojek. Mengapa Ojek? Sebab, dengan kondisi kemacetan jalan raya Yogyakarta seperti saat ini, ojek menjadi layanan transportasi yang bisa diandalkan untuk mengantar masyarakat ke tempat tujuan dengan cepat, dan aman tentunya.

Uber Motor Hadir Di Yogyakarta
Uber Motor Hadir Di Yogyakarta

Sebagai pendatang baru di Yogyakarta –Jogja-, tentu UBER motor tidak akan menyiakan kesempatan bergabung di aspal Jogja. Meskipun merambah Jogja baru dalam hitungan bulan, namun Uber bukan perusahaan kemarin sore. Perusahaan yang telah dibentuk sejak 2009 itu berhasil mengembangkan produk dan melebarkan sayap ke berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Ke Kantor, Sekolah dan Kampus Diantar Uber Motor

Bagi Anda yang berkantor melalui jalan-jalan yang padat kendaraan atau terbatasnya lahan parkir kendaraan di kantor, tak ada salahnya untuk beralih alat transportasi. Jika biasanya menggunakan mobil yang hanya dinaiki sendirian, Anda bisa berhemat waktu dan biaya jika beralih menggunakan Uber Motor.

naik uber
Beraktifitas menggunakan Uber Motor

Pun begitu dengan para pelajar atau mahasiswa, yang bisa mengandalkan Uber Motor untuk mengantar Anda berangkat dan pulang sekolah atau kuliah. Hanya dengan mengunduh aplikasi Uber di smartphone, Anda sudah seperti memiliki “sopir pribadi” yang bisa mengantarkan Anda ke tempat tujuan, kapanpun Anda menginginkannya.

Nguber Waktu Piknik Di Yogyakarta

Selain sebagai sarana transportasi kerja atau pendidikan, ojek juga bisa dimanfaatkan untuk wisata. Jogja memiliki banyak spot wisata, mulai dari wisata kuliner, budaya, alam, hingga wisata edukasi. Berbagai spot wisata kuliner itu dapat dijangkau dengan layanan ojek online. Layanan ojek online ini akan sangat membantu para wisatawan, khususnya dari luar daerah yang tidak membawa kendaraan, untuk menjangkau spot wisata tersebut.

Meskipun banyak spot wisata di Jogja, namun terkadang, bahkan sering kali, spot-spot menarik tersebut tak sempat dikunjungi karena berbagai faktor. Pertama, faktor waktu. Keterbatasan waktu ini bisa dikatakan sebagai faktor dominan, yang paling banyak “dikeluhkan” para traveller. Waktu terbatas karena izin cuti pekerjaan atau waktu liburan sekolah kuliahnya terbatas. Akibatnya, hanya bisa menikmati beberapa spot wisata saja.

wisata jogja
Piknik di Jogja menggunakan Uber Motor

Faktor kedua, keterbatasan biaya. Keterbatasan biaya ini bukan berarti tidak punya uang lagi untuk menambah hari piknik di Jogja. Masih punya uang, tapi mungkin alokasi dana untuk wisata-nya yang harus dibatasi. Apalagi kalau piknik ke jogja pas musim libur panjang, di mana harga hotel akan meningkat. Atau, hotel dengan harga terjangkau sudah penuh, akibatnya harus menginap dihotel yang “mewah” dengan harga yang tinggi.

Tak hanya biaya untuk menginap di hotel, transportasi menuju tempat wisata pun membutuhkan biaya. Bisa menggunakan transportasi umum atau menyewa kendaraan (sepeda motor dan mobil). Jika memilih kendaraan sewa dan Anda belum familiar dengan daerah jogja atau alamat tempat wisata, tak perlu khawatir. Google Map akan menjadi teman berkendara Anda, teman yang bisa diandalkan. Anda hanya perlu memastikan bahwa Anda memiliki SIM dan itu masih berlaku.

Namun, jika tidak membawa kendaraan dan anda ingin berhemat, namun tidak memiliki SIM C, lebih baik menggunakan jasa ojek online, seperti Uber Motor. Karena selain bisa hemat waktu dan biaya, juga aman. Sehingga, Anda bisa lebih banyak mengunjungi spot wisata menarik di Jogja. Semoga bermanfaat.

 

Facebook Comments
Sobat OTONEWS, Jangan lupa untuk share dan comment ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *