Inilah Jagoan Baru Yamaha, Aerox 155 VVA

Yamaha Aerox 155 (gambar: FB Yamaha Motor Indonesia)
Yamaha Aerox 155 (gambar: FB Yamaha Motor Indonesia)

Ajang Indonesian Motor Show (IMoS) yang digelar 2 – 6 November 2016 menjadi momen penting bagi Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Hajatan dua tahunan bagi produsen sepeda motor itu dijadikan Yamaha sebagai momen untuk mengenalkan produk terbarunya, yaitu Aerox 155. Sebelum di IMoS, Yamaha sudah mengenalkan Aerox 155 dikancah internasional pada gelaran MotoGP Sepang 30 Oktober 2016 lalu. Selain itu, Yamaha juga mengenalkan “Aerox 155” untuk pasar Vietnam, yang bernama NVX 155.

Mengapa pakai nama Aerox 155? Pemilihan nama ini sebenarnya adalah variasi volume mesin dari produk sebelumnya yang diluncurkan awal tahun 2016, yaitu Aerox 125 LC. Kabarnya, Aerox (125 & 155) adalah petikan kata Aerodinamis (Aero) dan “X”. Desain motor ini diyakini telah memenuhi aspek aerodinamika. Sedangkan “X” dimaknai sebagai Xtrem Performance, yang secara simbolik disematkan pada body samping Aerox yang membentuk huruf X.

desain bodi samping Aerox 155 yang membentuk profil huruf X )gambar: Kompas Otomotif)
desain bodi samping Aerox 155 yang membentuk profil huruf X )gambar: Kompas Otomotif)

Besarnya Tenaga Aerox

Tampaknya, Yamaha tak ingin si Extreme Performance hanya berhenti di kapasitas 125cc, harus diteruskan ke kubikasi engine yang lebih besar, yaitu 155,1 cc. Jadilah Aerox 155cc, yang berdaya maksimal 14,75 tenaga kuda (hp) (pada 8000 RPM). Sepeda motor dengan rasio kompresi 10,5: 1 ini juga menghasilkan torsi yang tinggi, yaitu maksimal 14 Nm pada 6000 RPM. Mirip seperti N-Max, karena memang dapur pacunya sama. Bandingkan dengan Matic Honda di kelas 150cc yaitu Vario 150 eSP, yang “hanya” bisa memproduksi daya maksimal 12,47 tenaga kuda. Selisih kubikasinya sangat kecil, namun perbedaan daya maksimumnya sangat signifikan.

Bisa juga dibandingkan dengan Honda PCX 152,9 cc yang dayanya mentok di angka 13,5 tenaga kuda. Yang lebih sepadan adalah membandingkan tenaga hasil dari volume mesin Aerox 155 dengan Vespa Primavera/Sprint 154,8cc. Skutik regenerasi Vespa tersebut hanya mampu mencatatatkan daya maksimal 11,67 tenaga kuda. Namun, meskipun volume mesinnya sama, agak kurang fair jika mengkomparasikan Aerox dan Vespa, karena tujuan utama dari Vespa bukan untuk jor-joran daya motor, tetapi kenyamanan berkendara.

Pertanyaanya, Apa rahasianya besarnya tenaga Aerox 155? Variabel Valve Actuation-lah jawabannya.

Teknologi Variabel Valve Actuation (VVA)

Sebenarnya, ini bukan teknologi baru dari Yamaha. Dapur pacu Aerox 155 sama dengan N-Max. Istilahnya, hanya ganti baju saja, Nmax elegan dan Aerox Sporty. Termasuk teknologi Variabel Valve Actuation (VVA), yang telah digunakan di NMax, kemudian ditularkan ke Aerox 155.

Teknologi VVA (gambar: otomotifnet.com)
Teknologi VVA (gambar: otomotifnet.com)

Teknologi Variabel Valve Actuation (VVA) merupakan teknologi yang  mengatur mekanisme bukaan katup berdasarkan putaran mesin. Teknologi ini berfungsi untuk mengatur kebutuhan timing bukaan katup pada putaran rendah dan putaran tinggi mesin. Pada Katup konvensional, timing bukaan katup pada putaran rendah maupun tinggi adalah sama. Teknologi VVA yang akan membedakan timing bukaan katup tersebut, dengan cara membedakan bentuk Cam Shaft (Noken As) dan Rocker Arm untuk putaran rendah (Low Speed) dan putaran tinggi (Hi-Speed).

Konstruksi Cam Shaft dan Rocker Arm VVA (gambar: otomotifnet.com)
Konstruksi Cam Shaft dan Rocker Arm VVA (gambar: otomotifnet.com)

Prinsip kerja VVA dibantu oleh Selenoid. Pada saat putaran tinggi, mencapai 6000 RPM, Engine Control Unit (ECU) memerintahkan Selenoid untuk mendorong Syncronizing Pin. Pin tersebut kemudian menghubungkan Low Rocker Arm dan High Rocker Arm. Karena bentuk Nok (cam shaft) untuk Hi-Speed lebih tinggi, maka pergerakan Rocker Arm dikendalikan oleh Hi-Speed Rocker Arm. Sehingga, bukaan katup menjadi lebih besar, sesuai dengan kebutuhan bahan bakar untuk putaran tinggi. Inilah yang bermanfaat untuk meningkatkan torsi dan tenaga mesin pada berbagai putaran (rendah dan tinggi).

Ban Superwide Tubeless

Ban adalah komponen penting pada sebuah kendaraan. Dalam artian bahwa, daya dan performa sepeda motor harus diimbangin dengan ban yang sesuai. Seperti pada Aerox 155 ini, dengan tenaga yang tinggi, maka Aerox 155 dibekali dengan ban lebar.  Ban depan berukuran 110/80-14 53P dengan beban maksimal 206 Kg. Sedangkan ban belakang berukuran 140/70-14 62P dengan beban maksimal 265 Kg. Bahan kedua ban pada kategori Medium Compound (M/C) dan direkomendasikan digunakan untuk kecepatan maksimal 150 Km/jam.

Ukuran ban Aerox ini sangat menarik dan bisa dibilang istimewa. Lawannya, Vario 150, hanya dibekali ban dengan ukuran 80/90 40P untuk roda depan dan 90/90 46P untuk roda belakang, jauh berbeda dengan ban Aerox 155. Penggunaan ban “SuperWide” ini tentu sangat bermanfaat untuk menyalurkan daya maksimal dari Aerox 155. Bisa dibilang, untuk urusan ban, Aerox 155 akan “semakin didepan”, seperti slogan Yamaha.

Fitur Smart Key System

Fitur ini untuk memudahkan pengendara saat akan melakukan start mesin. Cukup mendekatkan Smart Key ke unit sepeda motor, lalu menekan tombol start dan memutar handle trhottle, maka motor sudah bisa diajak lari. Meskipun Yamaha mengklaim bahwa fitur ini adalah yang pertama untuk sepeda motor di Indonesia, namun sebenarnya adalah teknologi “adopsi” teknologi kunci pada mobil.

Teknologi Smart Key System (SKS) Aerox 155 (gambar: FB Yamaha Motor Indonesia)
Teknologi Smart Key System (SKS) Aerox 155 (gambar: FB Yamaha Motor Indonesia)

Smart Key System juga dilengkapi dengan teknologi Answer Back System, yang persis sama dengan teknologi pada Vario 150. Teknologi  yang berfungsi untuk “memanggil” dan mencari sepeda motor ketika lupa memarkirkan atau kendaraan dipindah oleh petugas parkir.

Fitur Stop & Start System (SSS)

Fungsi Fitur SSS adalah untuk mematikan mesin kendaraan secara otomatis jika sepeda motor berhenti lebih dari 5 detik. Fitur ini sangat bermanfaat saat pengendara sedang berhenti di pesimpangan lampu merah. Stop & Start System (SSS) sangat mirip dengan teknologi Idle Stop System (ISS) pada Honda. Bedanya, ISS akan mematikan mesin saat sepeda motor berhenti (diam) lebih dari 3 detik. Saat handle gas (throttle) di putar, mesin langsung hidup, jadi tidak perlu menekan tombol start.

Tombol aktifasi Start and Stop Sytem (gambar: FB yamaha Motor Indonesia)
Tombol aktifasi Start and Stop Sytem (gambar: FB yamaha Motor Indonesia)

Fitur Smart Motor Generator (SMG)

Fitur SSS didukung oleh teknologi Smart Motor Generator (SMG), yaitu teknolog stater motor yang langsung dihubungkan dengan generator mesin sepeda motor. Sekali lagi, teknologi ini mirip dengan teknologi Alternating Current Generator (ACG) Starter milik Honda. Teknologi ACG starter adalah pengganti dari motor starter konvensional. Dengan dihubungkan langsung dengan magnet Alternator, maka tidak ada suara hentakan seperti yang dihasilkan motor starter konvensional.

Fitur Digital Wide Speedometer

Ini merupakan fitur menarik untuk pengguna Aerox 155, dengan speedometer full digital dengan ukuran 5,8 inchi, dapat membarikan informasi yang jelas pada penggunanya. Pada layar tersebut akan ditampilkan informasi tentang indikator jumlah bahan bakar, konsusmsi bahan bakar, indikator baterai, Odometer, Indikator  VVA, jam digital dan RPM Meter. Fitur yang futuristik dan sangat menarik.

Tampilan Speedometer Aerox 155 (gambar: FB Yamaha Motor Indonesia)
Tampilan Speedometer Aerox 155 (gambar: FB Yamaha Motor Indonesia)

Ada fitur lain yang juga sangat menarik adalah Anti-Lock Braking System (ABS), yang berfungsi untuk mencegah penguncian rem saat terjadi pengereman maksimal. Dengan ABS, dampak pengereman menjadi lebih aman. Namun, fitur ini hanya ada pada Aerox tipe S, yang merupakan versi tertinggi dari Aerox.

Fitur tambahan yang cukup menarik adalah Electric Puwer Supply, yang untuk pengisi daya gadget pengguna Aerox. Fitur ini disematkan pada semua tipe Aerox, yaitu standar (VVA), R dan S.

Setelah mengetahui fitur utama dan spesifikasinya, pertanyaan pentingnya adalah berapa harga yang dipatok Yamaha untuk Aerox? Hingga saat ini, belum ada kepastian harga. Namun, diperkirakan harganya akan berkisar 25 juta hingga 29 juta untuk tipe tertinggi, yaitu tipe S. Semoga saja Yamaha mampu memberikan harga yang menarik untuk masyarakat.

Tertarik untuk membawa pulang Aerox 155? Sahabat OTOnews harus  bersabar menunggu hingga awal tahun 2017.

Facebook Comments
Sobat OTONEWS, Jangan lupa untuk share dan comment ya

17 thoughts on “Inilah Jagoan Baru Yamaha, Aerox 155 VVA

  1. Hi blogger !! I read your content everyday and i must say you have very
    interesting articles here. Your blog deserves to go viral.
    You need initial boost only. How to go viral fast?

    Search for: forbesden’s tools

  2. After reading your blog post I browsed your website a bit and noticed you are not ranking nearly as well in Google as you could be. I possess a handful of blogs myself and I think you should take a look at speed rank seo, just search it on google. You will find its a very nice tool that can bring you a lot more visitors. Keep up the quality posts

  3. I see interesting content here. Your blog can go viral easily, you need some initial traffic only.
    There is a sneaky method to get massive traffic from social media.
    Search in google for; Twinor’s strategy

  4. Hello my name is Sabrina Warren and I just wanted to send you a quick message here instead of calling you. I came to your Inilah Jagoan Baru Yamaha, Aerox 155 VVA – OTONEWS website and noticed you could have a lot more hits. I have found that the key to running a successful website is making sure the visitors you are getting are interested in your website topic. There is a company that you can get keyword targeted visitors from and they let you try the service for free for 7 days. I managed to get over 300 targeted visitors to day to my website. http://s.beautheac.net/52

  5. Get Free 1000 Instagram Followers to get extra exposure for your website or business. It’s totally free, just by joining SuperstarInstar and inviting few friends.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *